Transquillizers

merupakan obat yang mengurangi kecemasan atau sikap-sikap yang panik dan ketegangan yang tidak menimbulkan efek sedatif (tidur).

Pada bidang kedokteran gigi treatment untuk obat transquillizers ini umumnya sangat sering digunakan karena tindakan yang dilakukan pada bidang kedokteran gigi tidak dapat dipungkiri membuat pasien yang datang ke praktek dokter gigi H2C (harap-harap cemas)…nah,,cemas inilah yang menjadikan obat dari golongan transquillizers dapat meminimalisirkan tingkat kecemasan dan kepanikan seorang pasien yang datang kedokter gigi..baik dalam melakukan treatment extraksi, restoratif, maupun skalling sekalipun..

Pada obat trasquillizers ini dia memiliki 3 golongan yaitu:

1.Diazepin (ini merupakan drug of choice)..

pada obat ini cara kerja nya diotak tengah dan medulla.,menimbulkan efek relaksasi otot.

pemberian obat ini dapat secara oral, akan tetapi pada pasien status epilepticus yang mengalami kejang yang tidak hilang selama 30 menit, dapat diberikan obat ini secara intra vena. Diazepam (nama pasarannya) ini sangat cepat mengurangi kecemasan..

jadi gimana ngak berkhasiat tu bagi pasien khususnya pasien ke dokter gigi yang cemas duluan bila dilakukan ekstraksi,,pada golongan obat diazepin ini aman dalam efek sampingnya..

kontra indikasi dari obat ini yaitu pada pasien yang mengalami gangguan jiwa. Efek samping dari obat ini antara lain nistagmus, gynecomatia, dan kelainan darah.

pada pemberian untuk pasien diharapkan sang pasien diberikan informasi untuk tidak mengkonsumsi alkohol (bagi yang alkoholizm), lalu dikonsumsi setelah makan, dan obat ini juga tidak baik untuk penggunaan jangka lama.

2. barbitorat

3. propanediol

golongan kedua dan ketiga ini kecepatan kerja obatnya ringan, sehingga dalam aplikasi nya jarang digunakan..

nah,,pada intinya, tulisan ini lebih menceritakan bahwa diazepam merupakan pilihan obat yang baik untuk pasien yang mengalami kecemasan berlebihan, sehingga sangat sering diaplikasikan di dalam dunia kedokteran,,dan pada hal ini di bidang kedokteran gigi,,

semoga bermanfaat..