Tidak seperti biasanya aku ingin menuliskan hal yang seharusnya tidak ingin dipublikasikan tapi entah mengapa hal ini aku sangat ingin menuangkannya dalam tulisan yang mungkin akan singkat. Maafin memi ma sebagai anak yang belum bisa membahagiakan mama dan membuat mama bangga. Kenapa? karena 10 menit yang lalu aku menelpon mama dengan mengabarkan bahwa pertengahan bulan mei mendatang aku akan melaksanakan KKN (kuliah kerja nyata) selama 25 hari dan aku ingin menyampaikan bahwa aku membutuhkan keperluan yang sepertinya mama mampu untuk menyanggupinya dan juga mama mengatakan akan datang kepalembang sebelum aku berangkat KKN entah kenapa tujuannya seperti itu, tapi mama inginnya aku berangkat KKN harus dalam keadaan peralatan yang lengkap dan mama mungkin ingin turut serta dalam hal tersebut. Tapi, ketika aku memberi tahu hal bahwa aku KKN akan dilaksanakan dipertengahan bulan Mei ini, suara mama terdengar lebih semangat dan ketika mama sadar bahwa mama sepertinya salah dengar nada suara mama langsung agak merendah dan tidak sesemangat yang pertama seakan suara mama mengisyaratkan bahwa mama ingin mendengar kapan aku mengabarkan bahwa aku akan sidang proposal skripsi.
Ya, itu yang aku tangkap dari suara mama diawal pembuka pembicaraan telepon. Mama dengan nada suara semangat dan setengah tidak percaya, mengibaratkan bahwa mama seakan-akan terkejut bahwa aku akan mengabarkan akan sidang proposal tapi kenyataan dan faktanya berbeda aku malah mengabarkan akan KKN di pertengahan mei ini. Sungguh, remuk rasanya hatiku bahwa mama disana mengharapkan berita tentang aku akan sidang proposal tapi kenyataannya malah tidak. Ya allah ampuni vemi.. ampuni diriku ternyata keinginan ibu ku belum bisa aku wujudkan saat ini. Sungguh, aku tidak ingin hanya berdiam diri. Maafin memi ma,..
Mulai saat ini, semangat itu tidak akan pernah luntur karena disana Engkau mengharapkan sesuatu yang besar pada ku tapi engkau tidak ingin memberi tahu ku bahwa engkau sangat berharap dan sangat berharap sekali…
maafin memi ma,.. 😦 semoga memi mampu mempersembahkannya sebelum berangkat KKN ma.. aamiin..