Tidak sedikit yang mengatakan bahwa setiap cobaan harus dijalani dengan sabar dan ikhlas. Tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa dalam menghadapi cobaan dan setiap permasalahan dijalani dengan sabar dan tawakkal dengan menyerahkan semua nya, ALL dari semua masalah kita itu kepada Sang Maha Pencipta. YA!! saya setuju akan hal itu, tapi ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan diulik lagi untuk mencari dari arti dan makna mengenai “sabar, ikhlas, dan tawakkal”. Tidak sedikit pula ketika orang-orang yang mengatakan dia sabar, dia ikhlas, dan dia sedang tawakkal dalam permasalahannya fakta yang ada dia sedang duduk terpaku, berpangku dagu, sambil dengan hati ragu.  Tidak sedikit pula ketika orang-orang yang mengatakan dia tertimpa cobaan yang begitu berat dihidupnya memiliki spekulasi bahwa di dunia ini, tidak ada yang sesusah dirinya dan tidak ada yang serumit permasalahan yang dihadapinya.

Lagi-lagi dari SKRIPSI saya belajar ternyata banyak hal dan beribu hikmah yang Allah swt berikan kepada saya melalu berbagai sudut hidup yang datang. Bagi saya pribadi, skripsi memanglah hal yang menjadikan air mata adalah bumbu penyedap yang paling dahsyat dari segala bumbu penyedap kehidupan yang ada di dunia ini. Lebih tepatnya dunia perkuliahan. Sampai julukan SKRIPSI adalah VOLDEMORT bagi saya pribadi, dan DEMENTOR bagi otak saya.. hehe. (Harry Potter ceritanya).

Sabar, Ikhlas dan Tawakkal mudah untuk diucapkan dan sangat mudah diutarakan pada setiap orang termasuk saya pribadi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan proses kehidupan yang sedang saya jalani adalah bagaimana saya mengartikan dari sebuah keikhlasan, kesabaran, dan sifat tawakkal. Apakah ikhlas itu adalah sikap dimana seluruh usaha yang dikerahkan untuk mengejar deadline sidang akhir dan pada akhirnya deadline itu tidak mampu terkejar sehingga dengan langkah gontai melihat skripsi dan berkata pada tumpukan skripsi itu bahwa “saya akan masih terus berjuang untuk mu skripsi meskipun kamu tidak mampu mengantarkan saya untuk wisuda di akhir tahun ini”.. Apa itu ikhlas? entahlah..  Apakah sabar itu adalah sikap dimana ketika melihat beberapa teman berfoto kebaya, memfoto tumpukan hard cover skripsi yang telah dijilid rapi dengan berkata didalam hati sambil mata berkaca-kaca “sabar vem,, sebentar lagi. Ya, pada saaat yang tepat waktu itu juga akan datang pada mu, teruslah berusaha” dan.. tik..tik.. air mata jatuh.. Apa itu arti sabar? entahlah, saya pun juga masih rancu.. bagaimana dengan tawakkal? apakah tawakkal itu adalah sikap dimana hanya daya upaya, otak, jiwa dan raga terus berusaha sampai memakan waktu tidur malam dan masih akan terus tersenyum menjalani hari akan tetapi menangis ketika duduk, sujud, sambil mengangkat kedua telapak tangan sembari memohon “aku serahkan semua urusan ku kepadaMu ya Robb, sesungguhnya aku hanya mampu berusaha dan berdoa, setelah itu aku serahkan semua padaMu yang mengatur” apakah itu arti tawakkal? wallahu’alam..

Sekali lagi, teruslah mencari arti dari sebuah kesabaran, arti dari keikhlasan, dan tawakkal.. Cari lah makna itu dengan hati melalui suatu PROSES …

Advertisements