Koas bener2 ngebuat siklus hidup berubah jadi 180 derajat banget bagi kehidupan mahasiswa yang mengambil jurusan kedokteran gigi *khususnya*.
Koas alias co-assistant ato dokter gigi muda *nama kerennya* tapi masalahnya jarang banget dipanggil dokter gigi muda meskipun udah ada name tag yg tertulis “dokter muda” tetep aja dpanggil koas ato dek.. ato bahkan gk dianggap sama sekali karena bedanya koas gigi ama koas umum ya itu. Koas gigi harus cari pasien sndiri yang mau gigi nya dirawat. Jadi ya kalo mau dianggap jadi koas ya kerja kalo gk mau dianggap jdi koas silahka “jobless” klo pas datang keklinik..
Oke. Koas bener2 ngerubah hidup #aku# terutama. Mesti ngelist pasien yang blum punya (dan harus msti kudu wajib buat nyari) dan msti ngelist pasien yang udah punya untuk dicariin jadwal kapan giginya mau dirawat dan itu msti diatur lagi jadwal dgn temen klompok satu dental unit utk berbagi waktu biar semua temen kelompok dapat kerja dihari yang sama dengan pasien yang juga udh ada.
Oke..klo ditulisan sih kayaknya mudah sih. Tapi klo udh sampe dilapangan..kalian akan brsiap mndengar sebuah prinsip dengan slogan “koas itu adalah dimana hati kita harus dilonggarkan sebesar-besarnya dan dilapangkan selapang-lapangnya”.
Dan lebih longgar lagi kalo udh jadi koas gigi di institusi saya..yuhu.. dengan dental unit yang tidak memadai jumlah koas akan membuat begitu banyakk konflik baik sesama koas seangkatan, koas junior dengan senior bahkan koas dengan dokter jaga.
Ntahlah..koas bener2 ngerubah hidup jadi 180 derajat sekali. Tidak sedikit dari sebuah prtemanan yang erat akan terlihat renggang ketika masuk koas. Tidak sedikit juga terlhat yang kuat menindas yang lemah. Dan tidak sedikit juga terlihat orang2 yang berasal dari propinsi di bagian Indonesia Timur sana(re:orang iri-an) .. dan semua akan terlihat diarena koas.
Koas.. aku minta kepadamu.. koas memang sebuah proses yang akan indah ketika dikenang tapi tidak untuk diulang. Namun, bukan juga memberikan banyak kisah yang teramat menyayat bukan.
Semoga akan ada perbaikan pada sistem koas di institusi saya. Sebijak-bijaknya.

Koas..koas.. huft.

Advertisements