Rivemigusyanti's Blog

Bertugas untuk berbagi :)

Januari untuk Juli (1) — January 14, 2017
Resolution or Resolush*t — January 2, 2017

Resolution or Resolush*t

​New year 2017

Dibalik dari kalimat resolusi 2017, akan ada beberapa rentetan rencana yang ternyata sama saja kalimatnya dengan tulisan resolusi tahun sebelumnya. Entah itu ditahun 2016 atau bahkan dari 2014 mungkin 2002. Begitulah, semuanya terkesan BULLSHIT akan semua resolusi yang dibuat untuk segala rencana yang akan dilakukan pada 1 tahun yang akan dijalani. Seakan menjadi pemecut untuk melaksanakan semua rencana yang telah di list jauh sebelum tahun baru akan muncul. 

Bagi saya pribadi, tidak ada yang salah akan membuat resolusi ditiap tahunnya karena saya pribadi pun juga pernah membuat resolushit di tiap tahunnya (maaf bila kalimatnya kurang sopan). Tapi entah kenapa makin kesini saya merasa beberapa resolusi yang saya buat justru sedikit banyaknya lari dari list, dan justru makin kesini semua resolusi itu hanyalah bullshitan semata yang tertinggal di sebuah buku atau hanya mungkin dikertas yang akan tunggu waktunya untuk dibuang.

Sekarang memang saya tidak dengan sengaja dan berniat hati untuk membuat resolusi tahunan seperti saya yang beberapa waktu dan tahun lalu. Saya tak ada resolusi khusus karena tiap tahunnya saya selalu memiliki resolusi utama saya MAKIN BAIK., that’s it. Dan saya pribadi merasa semua resolusi yang banyak itu akan tidak ada artinya dan makna nya bila saya tidak MAKIN BAIK. 

Makin baik disini saya jadikan dalam seluruh aspek. Resolusi yang membuat saya merasa sangat sulit untuk saya lakukan. Saya merasa berhasil melaksanakan resolusi di tahun 2016 untuk lulus menjadi seorang dokter gigi. Tapi apakah saya MAKIN BAIK? Belum tentu. Apakah saya MAKIN BAIK dalam beribadah? MAKIN BAIK dalam bersikap, berpikir, memperlakukan orang tua, saudara, keluarga, teman2 dan semua lingkungan saya? 

Bagi saya sekarang, semua plan yang saya tulis dari awal saya kenal dengan kata RESOLUSI itu tidak ada artinya bila saya tidak melakukan resolusi utama MAKIN BAIK itu. Dan ternyata setelah saya telaah lagi, bagi diri saya pribadi untuk apa merayakan tahun baru begitu amat meriah bila ternyata kita memiliki banyak PR yang membuat kita tidak perlu berlebihan merayakan tahun baru. Tahun baru hanya milik pelajar atau siswa yang jelas2 masuk dalam kelas baru, kurikulum baru, pelajaran baru, atau bahkan teman baru. Tapi tidak dengan orang dewasa yang saat ini justru harus memiliki sifat dan sikap untuk menjadi BAIK dalam segala aspek kehidupan yang telah lebih dari 12 tahun kita dicekokin dengan teori2 keilmuan yang sekarang kita nikmati hasilnya. Bagi orang dewasa yang sudah bekerja dan saat nya mengabdi kan ilmu, mengimplementasikan ilmu yang selama ini didapat.

Saya memang memiliki banyak sekali resolusi, ingin ini ingin itu banyak sekali.. (lah,jadi lagu doraemon :p)akan tetapi saya sadar resolusi tidak dibuat hanya ditahun baru. Pernah mendengar kalimat indah β€œhari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus jauh lebih baik dari hari ini”. Kalau sudah ada kalimat seindah ini lalu kenapa mesti sekali untuk membuat ritual resolusi di tiap tahunnya (maaf ini pemikiran saya secara pribadi). Karena saya berpikir bila kita dianjurkan untuk menjadikan hari ini harus jauh lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus jauh lebih baik dari hari ini secara tidak langsung itulah inti dari RESOLUSI. 

Resolusi itu dilakukan tiap hari, bukan tiap tahun. Resolusi itu bahkan dianjurkan untuk dilakukan per jam nya. Berdasarkan kalimat indah itu. Kalimat yang menjadi impian semua orang. Mungkin bukan impian, justru itu adalah sebuah rencana yang secara tidak sadar kita telah melistkannya bahkan didalam hati untuk apa yang akan kita lakukan besok. Bukan tahun  depan. 

Sederhananya, kita disuruh untuk melakukan hal yang lebih baik dari hari kemarin, dan mempersiapkan jauh lebih baiknya untuk hari esok agar kekurangan hari ini bisa tertutupi. Tanpa sadar hal sederhana itu kita anggap remeh makanya tiap tahun tercetus lah resolusi tiap tahunnya yang tanpa kita sadari juga bahwa resolusi tahun kemarin dan kemarinnya lagi kita copy paste. 

Bagi saya saat ini resolusi MAKIN BAIK itu belum juga mampu terselesaikan dengan rampung di tiap tahunnya. Sehingga apa yang saya lakukan di tiap harinya hanyalah berdasarkan asas kalimat indah itu. Saya lakukan apa yang saya rencanakan dan saya lakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin di hari ini, bila kurang akan saya tambahkan esok, bila kurang lagi akan saya tambahkan di lusanya. (lagi2 itu hanya menurut saya prribadi). Tapi bukan berarti saya tidak memiliki beberapa rencana yang saya buat dan saya inginkan. Saya juga manusia yang memiliki beberapa keinginan dan rencana,tetapi saya sadar saya hanya mampu menuliskan rencana dan menyusun apa saja yang dibutuhkan untuk rencana itu. Untuk finishing akhirnya bukan lah saya yang memegang kendali, melainkan Allah swt. Yap, Dial ah yang memiliki hak paten dari semua apa yang saya rencanakan, Dia lah yang menandatangani semua. Balik-baliknya lagi, apa semua yang saya rencanakan itu sudah MAKIN BAIK atau tidak. 

Jujur, pasca saya menjalani perkuliahan menjadi seorang tenaga medis membuat saya banyak belajar bahwa memang saya bisa berencana melainkan Dia lah yang memegang kendali dari semua kehidupan saya. Saya hanya menulis, namun Dialah yang menyetujui. Resolusi saya buat,tapi bila Allah swt tidak menyetujui saya bisa apa? Saya tidak bisa apa2. Dan saya belajar tentang arti dari sebuah keikhlasan bagaimana mencoba belajar untuk ikhlas tentang semua yang saya lakukan dan semua kebaikan yang saya coba lakukan namun belajar untuk melupakan semua hal yang dianggap baik itu agar apa? Agar saya diajarkan untuk menjadi lebih baik lagi. 

Tidak ada yang salah dengan resolusi di tiap tahunnya, tapi jangan pula berpikiran bahwa resolusi hanya dibuat dalam satu tahun sekali atau planning2 besar dibuat diawal tahun akan tetapi jadikan resolusi itu tiap hari, bahkan tiap jam karena menjadi baik itu tidak menunggu momen tahun baru,,tapi tiap hari bahkan tiap detik. Jika detik ke 13 kita berniat jahat jadikan detik ke 20 kita berubah menjadi baik, karena mati tidak menunggu resolusi terlaksana semua bukan. 

Maaf bila tulisan ini seakan menggurui dan sebagainya. Lebih dan kurang saya mohon maaf sebelumnya, ini hanyalah sebuah celotehan hati kecil saya mengenai beberapa orang yang mengatakan bahwa tiap tahunnya harus memiliki resolusi. Ingat, berubah itu tidak menunggu datangnya tahun baru, berubah itu tiap hari, tiap waktu. Jadilah orang baik, karena Allah swt mencintai orang baik. 😊

Terimakasih 

Kalau mau kaya, jadi pengusaha!Β  — August 24, 2016

Kalau mau kaya, jadi pengusaha!Β 

Dokter/dokter gigi.. “Kalau mau kaya, jadilah pengusaha, jangan menjadi seorang dokter/dokter gigi”. Sedikit banyak saya setuju akan kalimat itu.

Pekerjaan ini, menuntut untuk membantu manusia terbebas dari rasa sakitnya. Bukan cuma itu, pekerjaan ini juga menuntut kita menjadi salah satu malaikat bagi hidup pasien, dimana membantu bukan dari segi psikis (sakit) melainkan juga segi finansial (uang). Dimana kita dituntut untuk memiliki jiwa sosial yang juga tinggi. 

Ya,kita sendiri tau sebagai dokter/dokter gigi adalah sebuah profesi yang peminatnya bukan main banyak, tapi tolong buang lah jauh2 sebelum masuk ke dunia medis ini bila tujuan kita adalah kaya. Kecuali, memang setelah kita menjadi dokter gigi, pribadi kita menjadi seseorang yang mematok smua perawatan dengan harga selangit. Balik2nya ya kembali ke diri sendiri, hati nurani kita sebagai tenaga medis, dan niat kita sebagai dokter gigi. 

Mungkin munafik bagi saya, bila saya tak ingin kaya. Justru, kaya adalah salah satu yang di haruskan oleh agama saya, jadilah orang yang kaya. Saya pun berpikir dengan menjadi orang kaya, dengan menjadi orang yang mampu saya pun bisa membantu saudara-saudara yang membutuhkan. Wallahualam.. 

Akan tetapi,saya sadar menjadi orang yang mampu, menjadi orang yang kaya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh usaha, kerja keras, dan doa yang tak putus. Bagi saya, prioritas utama pun bukanlah itu. Melainkan bagaimana saya mampu bekerja dengan hati, mengobati dengan baik, memiliki kemampuan yang dapat dirasakan nyata oleh pasien, dan menjadikan profesi saya salah satu amal utk bekal saya dikehidupan yang kekal.. Aamiin ya robb.. Karena saya sadar, dosa saya begitu banyak, setidaknya lelah letih kerja saya dan senyum,ramah kepada pasien saya dikala sakit melanda sebagai pengugur dosa saya..(aamiin). 

Sekarang saya sadar, diri saya belum memiliki praktek dan klinik sndiri dimana saya mampu mempekerjakan orang, dan menjadi kaya. Bertahap dan berjalan seperti air mengalir. Semoga “someday” saya mampu mewujudkan impian dan harapan saya.. Seperti setiap harapan yang terbersit di hati saya yang dikabulkan oleh sang pencipta. Aamiin.

Sekali lagi, jadilah orang yang bermanfaat. Dan bila ingin kaya, jangan mejadi dokter. Jadilah pengusaha. 

Bismiah☺

Review .. — July 1, 2016

Review ..

http://wp.me/pQOsw-9n ini salah satu tulisan yang pernah ku buat dengan judul “ketika ku menjadi drg”.

Alhamdulillah.. Benar adanya setiap kalimat adalah doa, dan segera dilakukan dengan tindakan nyata.. 

Poin 1 telah kulakukan ketika pengumuman hasil.UKMP2DG tanggal 13 mei 2016 lalu,dengan air mata dan sujud syukur ku pada Mu ya robb..

Dan sekarang alhamdulillah, gaji pertama ku dengan menjadi freelance sebagai dokter gigi pengganti aku mampu mempersembahkan hasil kerja ku kepada wanita yang kusebut mama.. 

Bismillah..semoga allah swt selau meridhoi langkah-langkah hamba dalam mewujudkan mimpi-mimpi kecil ku untuk kebahagiaan orang-orang tersayang ku. Aamiin. ☺☺ 

Bersemangat kembali untuk mencari, dan bersemangat untuk memberi πŸ˜ƒπŸ˜ƒ 

I feel so emptyΒ  — June 29, 2016

I feel so emptyΒ 

​Empty 

Pernah merasakan didalam kondisi terasa lapang dari segi keuangan, terasa lengkap dari segi kenyamanan dan perhatian yang full time dari seluruh anggota keluarga tersayang tapi merasakan kehampaan dan tidak berarti apa-apa? 

Mungkin sekarang aku berada di posisi itu. Berada di posisi dimana dari segi  materi tercukupi, fasilitas yang lengkap, perhatian dari keluarga yang tak kurang sama sekali namun disini aku masih merasa kosong. Kosong tak terisi. Entah karena apa aku pun juga tak tau. 

Menjadi seorang dokter gigi sudah, bekerja ditempat yang menyenangkan sudah, mendapatkan penghasilan yang baik dengan notabene dokter gigi baru lebih dari cukup, memiliki ibu dan ayah yang selalu setia menemani dan memberi perhatian serta kasih sayang pun tak kurang bahkan berlebihan. Lalu, apa yang membuat ku merasa kosong? 

Ya, balik-balik kembali ke Sang Pencipta ku. Mungkin, aku sudah terlalu sibuk dengan semua urusan dunia ku sehingga aku lupa bahwa Sang Pencipta ku rindu akan diriku, rindu akan air mata ku, dan rindu akan semua curhatan ku. 

Aku merasa kosong ketika dia yang sedang jauh disana membuat ku sedikit kesal rasanya. Mungkin sudah biasa adanya dengan sedikit cek cok. Namun, jarak yang tidak lagi dekat membuat sedikit sensitifitas meningkat. Tidak ingin berkomunikasi dulu dengan berlandaskan untuk membuat pikiran dan hati tenang. Mendelik kembali pikiran dan perasaan yang berkecamuk saat ini, semua seakan menjadi kosong. Perasaan ku padanya seakan masih dipertanyakan, dengan mengingat kembali semua hal yang aku jalani bersamanya dan kembali berpikir berkali-kali. Apakah dia? Semua jawabannya akan ku kembalikan kepada yang berhak dari diriku. 

Lagi-lagi aku merasa kosong saat ini, di bulan yang penuh berkah aku merasa kosong dan tak memiliki apa-apa, tak melakukan apa-apa dan tak berasa apa-apa. ( 

Mungkinkah ini bersifat permanen? Semoga tidak.. bagaimanapun akan ku cari cara untuk keluar dari situasi ini. Bagaimanapun caranya. Bismillah !!! 
-jambi, 29 juni 2016- 

Explore west java! πŸ˜Š — May 8, 2016

Explore west java! πŸ˜Š

Hey..hey.. (H-3 menuju pengumuman UKMP2DG) kalo ngebayangin rasanya sampe berat banget ngehela nafasnya, hiuuuftttπŸ˜“πŸ˜“

Kali ini, untuk nge-distract tntg pengumuman mau ngisi blog kali ini dgn tulisan HOLIDAY yg bsa jadi referensi ntr kalo udh nikah, hahahaha..mesti balik lagi ketempat yg indah2 di propinsi jawa barat ama suami!! (Aamiin) karena bener kata walikota bandung “bumi pasundan itu di ciptakan ketika tuhan sedang tersenyum”.. Dan ini list tempat2 dari bumi pasundan yang wisata alam nya juara! β˜ΊπŸ˜ŠπŸ˜‚

CIWIDEY
-kawah putih-

image

image

So amazing … Gak ada manusia yang bisa buat tempat sebegini bagusnya,yang sampe ada salah satu temen bilang kayak lagi di khayangan gitu πŸ˜‰..

-Ranca upas-

image

image

image

Cuma seharga Rp.10.000 aja, bisa ngasih si rusa unyu2 dengan jarak sedekat ini (meskipun deg deg,takut2 rusa nga khilaf bisa naik ke atas tmpt pengunjung ngasih doi makan) 🐐🐐🐐 ah,mau lagi..mau lagi 😊😁😁

-otw Situ Patenggang-

image

image

Bukan saya namanya, kalo lihat hamparan lahan yg ijo-ijo gak teriak minta turun dan futu2 πŸ˜‚πŸ˜‚. Mengagumi semesta beserta isinya dan bersyukur bisa menikmati tanpa merusak☺😊. Pemandangan seindah ini pas lagi kita mau menuju Situ Patenggang. Indah bukan? Yuk..yuk..kesini lagi.☺😊 cm dengan parkir Rp.5.000 udh dpt spot yg siper duper keren. Diatas batu gede di tengah-tengah kebun teh yg bagus ini. Dijamin, gak mau turun dari batu besar itu πŸ˜‚πŸ˜‚ spot yg cuaem abis..πŸ˜‰πŸ˜‰πŸŒ²πŸŒ³πŸŒ±πŸŒ±πŸŒ±πŸŒ»πŸŒ»

-Situ Patenggang-

Kalo yg ini,punten ya..spotnya bener2 maksa abis, karena satu dan lain hal saya gk bisa masuk ke situ patenggang, jdi cm bsa foto diluar nya aja.. Next trip mesti masuk kesana.

image

Saya percaya kalo situ patenggang “beautiful of nature”. πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰ ..

LEMBANG
-Farm House-

image

image

image

Masuk dengan dikasih satu tiket, bisa dituker dengan susu segar/sosis yang sama enaknya..☺😊 plus ada tempat yg jualin souvenir unyu2 kyk mug2 ini.. Ah, lembang..akhirnya aku menginjakkan kaki juga ke daerah yg sering ku tonton di TV πŸ˜‰.

-Dusun Bambu-

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Ini spot terkeren dan terindah banget..disatu tempat bisa disuguhin dengan banyak banget spot utk foto2 sembari nikmatin ini tempat.
Tempat makan yg super duper cozy. Mesti kesini!! Biar bisa nyobain makan ditempat yg bayarnya pakek duit monopoli (alias duit asli dituker dengan duit monopoli ala dusun bambu) trus bisa nikmatin udara yg seger plus dingin, bisa nyari oleh2 yg enak2, dan bisa nikmatin tempat yg indah2 sambil naik perahu ala2 venice gituπŸ˜‚πŸ˜‚. Pokoknya mesti kesini bareng2 orang2 tersayang. SERU!!πŸ˜„πŸ˜„

KOTA BANDUNG
-Trans Studio –

image

image

image

Sebelas dua belas dengan dufan, bedanya kamu gk bakal ngerasain kepanasan karena kena matahari, ya iyalah..namanya juga indoor πŸ˜‚πŸ˜‚. Maaf fotonya dikit disini, karena ya itu, fokus ke arena2 permainan yg buat suara abis, kaki pegel, perut laper, dan hati seneng.

Bandung..kota dimana perjuangan UKMP2DG ku dimulai..

Dari pembekalan..

image

Try Out Nasional CBT

image

Sampe Ujian OSCE

image

Semoga allah swt senantiasa memperkenankan doa-doa pejuang dokter gigi ini. Maafkan dan ampunilah dosa Hamba ya robb.. πŸ™πŸ™ dan perkenankan doa-doa ibu ayah kami, serta kami smua..πŸ™ aamiin..

Pinewood 1955 (05.04.16-05.05.16) — April 19, 2016

Pinewood 1955 (05.04.16-05.05.16)

image

Welcome to jatinangor.. (Wileujang sumpi) *maaf kalo salah ejaan ato kalimat*

Selamat datang di kampus universitas padjajaran, dimana kampus yang akan menampung ku selama lebih kurang 3 mnggu dalan proses perjalanan ku menuju dokter gigi. Bismillah.

UKMP2DG april 2016,semoga Allah  swt ridho lada HambaNya yg lemah dan sangat butuh pertolonganNya.

29-30 april 2016,penentu dari 7 tahun lebih ku belajar mencari ilmu di negeri mpek2 sana, dan sekarang disini akan dipertaruhkan, apakah aku berkompeten atau tidak.

Belajar dan belajar. Berusaha dan berusaha. Berdoa dan berdoa. Allah swt mengikuti prasangka HambaNya. Semoga kecerdasan menaunginku dalam menjawab, semoga kelancaran lidah ku manpu menyelesaikan OSCE, dan semoga penguji ku mampu mengerti dan paham serta lunak hatinya untuk mendengar penjelasan ku dalam ujian nanti..aamiin.

Semangat dan semangat
Belajar dan berdoa
Ikhlas kan dan tawakal kan.

Just do it!

A.P.B. — February 25, 2016

A.P.B.

For you!!

image

Setidaknya motto ini membuat ku bangkit dari mu wahai sang penentu.. Semua ku tepis tentang cerita-cerita jelek mu memang karena hal-hal diluar sana yg menceritakan tentang mu tidak terjadi padaku dan membuat ku tidak percaya. Tapi, hari ini. Hari ini dimana semua mata ku terbuka. Bagimu, yang berharga hanyalah sebuah angka-angka dan huruf-huruf untuk menentukan kesuksesan.. Sehingga tidak banyak korban yang dikecewakan olehmu.

Tak kau hargai proses nya, tak kau hargai waktu,materi, keringat kami dan doa-doa kami utk bisa memberikan hasil yang maksimal untuk mu bahkan..tidak utk kedua orang tua kami. Kami harus membuat mu luas, bahkan bukan kau yang memberi kami dana. Kau hanyalah penyalur ilmu,tapi cara mu menyampaukan ilmu benar2 tidak membuat ku merasa bahwa dirimu memberi ilmu. Kau berkata, kau pendidik. Pendidik bukan seperti itu. Kau berkata kau telah mengetahui kami dengan lama, kalo begitu kenapa kau lupa bagaimana kami membuat mu merasa puas dengan usaha dan jerih payah yang kami lakukan. Kami sebut namamu dalam doa kami agar dirimu merasa puas..

Bila memang kami harus dididik, tolong didik kami dengan baik. Tidak mengintimidasi, tidak se subyektif itu, tidak bekerja dengan perasaan (moody). Dirimu membuat langkah kami tertahan utk kemana2 hanya karena dirimu..

Ntah apa yg ada dalam pikiran mu sampai begitu tega. 😒

Sudahlah, aku juga akan pergi tidak disini. Aku tak ingin membuat diri ini makin berkecimuk untuk merasa bahwa aku amat tidak suka. Salahku memang, terlalu berekspektasi dengan seorang pendidik yg selama ini aku tepis semua cerita tak mengenakan tentang mu… Aku pasrah. Aku hanya ingin pergi dan mmbuktikan. Aku baik-baik saja..

The real GMC — February 11, 2016

The real GMC

image

image

image

The real GMC.. Bahagia aku kenal dengan kalian semua, bahagia ku menjadi bagian cerita dari hidup kalian semua. Bahagiaku pula, karena kalian tidak main2 menduduki peringkat di hati ku.

Terimakasih persahabatan yang indah ini. Aku bersyukur hidup dijaman teknologi yg begitu canggih sehingga mampu menghubungkan kita semua di jarak dan ditempat yg berbeda. Teleconference membuat kita satu sama lain, ditempat yg berbeda satu sama lain tidak menjadi kita jauh. Justru amat dekat.

Terkadang, kita merasa dekat dengan orang yang jauh, namun merasa amat jauh dengan orang yang bahkan berada beberapa meter dari kita.

I love you GMC. Aku benar2 tidak sendiri.. πŸ˜‚πŸ˜‚

Batin ibu — February 9, 2016

Batin ibu

Selalu banyak orang berkata, ibu itu memiliki kontak batin kepada anaknya. Makanya, kenapa kalo terjadi pada anaknya yg sedang jauh dari dekapan mereka akan tersontak dan ada signal yg dikirim kepada nurani seorang ibu.. Jangan tanya kenapa? Karena aku pun belum pernah merasakan itu, ya emang belum jadi ibu.

Seperti halnya mama. Kalimat mama yg selalu terngiang dalam pikiran ku mengenai sosok pria yg tak jauh dgn ku. Sembari mama berkata “very hard and like angry.. Are you sure with him? Mommy,very affraid if you hurted with him.. Very..”

Lagi lagi. Bisa jadi itu kontak batin yg dirasakan ibu. Tapi kita? Anaknya seakan selalu mencerna nya dengan logika. Sementara,perasaan tidak sama dengan logika.

Mungkin aku harus mencoba utk mencari kebeneran yg lebih nyata bahwa memang kontak batin mama adalah sesuatu yg tidak akan pernah salah.

Tunggu waktunya, bila kontak batin mama itu benar adanya, akan aku selesaikan sampai selesai.